Memperbaiki TV Merek AKARI MAti Total

Selamat pagi para master-master semua dalam kesempatan di pagi yang indah ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang perbaikan  televisi. Kebetulan tv yang saya perbaiki kemaren adalah tv merek AKARI 14 inchi,dengan warna bok silver, dan tabungnya masih cembung.Walaupun saya disini masih sangat pemula tapi saya akan mencoba untuk berbagi pengalaman saja dan apabila ada kata yang kurang berkenan dihati anda semua saya mohon maaf.Apabila sedikit ilmu saya ini terjadi kesalahan saya mohon saran dan kritikanya dari para master-master semua, terima kasih sebelumnya.

Kebetulan tv yang saya tangani datangnya sekitar 5 hari yang lalu.Tv datng dengan keluhan mati total.Jadi lampu indikatornya pun gak menyala.Kebetulan tvnya saya ditinggal ditempat saya supaya dalam menanganinya dapat konsentrasi dan tidak terkejar oleh waktu.Dan yang punya tv pun saya suruh sabar menunggu informasi tentang kerusakanya. Tak lupa beliau yang empunya tv taksuruh ninggal nomor hanphone supaya mudah dalam berkomunikasi.

Dihari itu juga tvnya saya coba untuk memastikan kerusakanya apakah benar-benar mati .Ternyata tvnya pun benar-benar mati tapi ada suara "nginggg" diarea regulator.Seketika itu juga tv Langsung saja saya bongkar dan saya cari penyebab dari kerusakan tersebut..






Entak mengapa saya merasa curiga dengan keadan transistor yang satu ini yaitu transistor regulator.Dan langsung saja saya sedot timahnya dari PCBnya untuk melepaskanya.Setelah itu saya cek menggunakan multi tester, ternyata dalam keadaan short alias koslet itu artinya mati.Tahapan penggatian dengan transisitor orisontal yang bagus pun kulakukan.Dan mesin tv pun nyala dengan ditandai lampu indikator hidup merah.


Setelah menunggu beberapa lama kok gambar gak muncul atau gelap tabungnya.Untuk memastikan tegangan ke tabungnya saya ukur saja tegangan heaternya di output flibek.Ternyata teganganya ada.Saya pikir ini mesinya normal-normal saja.Untuk memudahkan kinerja saya mesin tvnya saya lepas saja dan saya pasang ke tabung tv yang lainya .Haduh ternyata saya pasang ke tabung lainya itu normal-normal saja.Kesimpulan saya ada pada tabungnya yang mengalami kerusakan.

tidak menunggu lama lagi tabung tv yang rusak tadipun langsung saya lepas dari boknya.Disini dapat dilihat dari cara-cara melepas dan menggati tabung tv dan sudah saya sertakan fotonya.Yang pertama yaitu lepaskan dulu soket RGBnya yaitu yang menancap ditabungnya.Caranya tarik saja kebelakang dengan hati-hati.

Selanjutnya kendorkan baut pada gelang warna.Dan setelah bautnya kendor kita tinggal melepasnyadenga cara menariknya kebelakang.

Tahapan selanjutnya mengendorkan baut pada kumparan yuke tv. Dan kita tarik kebelakang untuk melepaskanya.

Sekarang coba dilepas kop flibeknya yang masih tertancap ke tabung tv.

Dan kita tinggal melepas baut yang mengikatkan tabung ke boknya yang berjumlah empat buah.Kita langsung lepas saja tapi dengan keadaan tv kita tengkurapakan.

Setelah proses pelepasan tabung selesai kini saatnya pemasangan tabungnya.Untuk proses pemasangan tabung dilakukan dengan cara memasang tabungnya dulu terus kita pasang yuke nya, selanjutnya kita pasang gelang warnanya, dan kita pasang pasang soket RGBnya terus kita pasang kop flibeknya.

Setelah proses pemasangan selesai tv pun saya coba sekitar 3 jam dan masih dalam keadaan aman-aman saja.


Dan setelah tv selesai saatnya istirahat.Sekian dari saya mohon maaf apabila ada salah , terima kasih.

Comments

LOVELYZ TRILOGY said…
This comment has been removed by the author.

Popular posts from this blog

DATA SERVICE MODE TV POLYTRON u-Slim TYPE : PS 30UV25RA

Memperbaiki tv Cina regulator berderik